Kabarjambi.net – Pemerintah Kota Jambi tidak hanya gencar membangun sarana dan prasarana fisik untuk pendidikan saja, namun Pemkot juga gencar membangun mental dan spritual generasi muda.

Pemkot Jambi pun mengadakan Festival Anak Shaleh (FASI) tingkat Kota Jambi tahun 2016.

Kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian Semarak Muharram Pemerintah Kota Jambi itu, digelar di lapangan utama kantor Walikota Jambi dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 2016, yang diikuti sebanyak 636 orang peserta yang berasal dari 83 Tempat Penitipan Anank (TPA) atau Pengajian Magrib Isya (PAMI) se-Kota Jambi. Perlombaan tersebut juga memperebutkan piala bergilir Walikota Jambi.

Acara pembukaan diawali dengan pawai ta’aruf kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh dua qori cilik bersaudara terbaik pada perhelatan MTQ Tingkat Provinsi Jambi tahun 2016 asal Kota Jambi, Farhan dan Akbar.

Dalam sambutanya, Walikota Jambi H. Syarif Fasha menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia dan para peserta lomba. Terlebih Kota Jambi adalah juara umum FASI tahun lalu yang berlangsung di Kabupaten Kerinci.

Dikatakan Walikota Fasha, prestasi sebagai juara umum tahun lalu itu hendaknya menjadi motivasi bagi anak-anak untuk tampil lebih percaya diri. Selain mencari juara, event keagamanan ini kata Fasha juga menjadi ajang melatih anak-anak agar berprestasi dibidang keagamaan sehingga kelak menjadi anak shaleh dan shalehah.

Oleh karena pentingnya pembinaan anak usia dini itu, maka Pemerintah Kota Jambi akan terus memfasilitasi kegiatan-kegiatan serupa. Selain itu Pemkot juga terus memberikan perhatian yang besar kepada para imam, guru-guru ngaji, da’i daiyah, para pengajar agama Islam karena mereka turut memiliki peran penting dalam menciptakan generasi-generasi Islami saat ini dan dimasa depan.

Walikota Fasha juga berpesan agar anak-anak para peserta lomba dapat mengikuti perlombaan dengan baik, karena lomba FASI adalah bagian dari ibadah.

“Anak-anak ku berlombalah dengan Lillahi ta’ala semata mengharap ridha Allah, karena FASI ini selain dilombakan juga bernilai ibadah di mata Allah. Raihlah prestasi jadilah generasi Qur’ani yang shaleh dan salehah. Bagi yang berprestasi tentu akan keluar sebagai pemenang, dan yang belum menjadi pemenang jangan berkecil hati, teruslah meningkatkan prestasinya hingga dimasa depan dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi,” ujar Fasha.

Sebagai orangtua, Walikota Fasha juga berpesan agar anak-anak yang shaleh dan shalehah ini dapat mengharumkan nama kedua orangtuanya melalui kegiatan FASI tersebut.

“Saya minta anak-anak tidak menyiakan atau mengecewakan orang tua kalian, buatlah kedua orang tua kalian bangga, untuk itu beranikan diri untuk berlomba menjadi yang terbaik,” tambah Fasha.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan FASI 2017 mendatang,  Walikota Jambi Syarif Fasha minta Bagian Kesra dan BKPRMI selaku penyelenggara agar dapat melakukan komunikasi dengan BKPRMI pusat agar Kota Jambi dapat menjadi tuan rumah FASI tingkat Nasional.

“Kota Jambi InsyaAllah siap menjadi tuan rumah Festival Anak Shaleh tahun 2017,” tegas Fasha.

Festival Anak Sholeh ke XV Tingkat Kota Jambi itu memperlombakan 16 cabang perlombaan untuk putra dan putri, diantaranya adalah lomba adzan, iqamah, hafalan Juz Amma, terjemahan, tilawah, ceramah agama Islam, cerita kisah islami, cerdas cermat, tartil Qur’an, kaligrafi, peragaan shalat, serta mewarnai dan menggambar bernuansakan Islami. Peserta berjumlah 636 orang yang berasal dari 83 TPA/PAMI Jumlah tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2015, sebanyak 548 peserta dari 55 TPA/PAMI.

Pembukaan FASI yang berlangsung meriah itu, selain dihadiri para guru-guru agama Islam dan guru-guru ngaji sebagai pelatih dan pendamping, jajaran Pemerintah Kota Jambi, tampak pula hadir Anggota DPRD Kota Jambi Sutiono, serta Ketua BKPRMI Kota Jambi A. Rahim. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY