KabarJambi.net – Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil mengamankan tiga orang pelaku dan salah satunya pengusaha Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu lalu.  Petugas juga menyita 12 keping emas seberat 9 Kg yang ditaksir senilai Rp 5,4 miliar.

Mereka tidak mengira jika aksinya terendus petugas. Saat berada di kawasan Simpang Pulai, Kota Jambi kendaraan mobil yang dikendarai A dan Y diberhentikan petugas.

Begitu digeledah, di dalam dasbor mobil pelaku ditemukan 12 keping emas seberat sekitar 9 Kg. Kepada petugas mereka mengaku emas kepingan bulat tersebut di dapat dari hasil PETI di Kabupaten Merangin, Jambi.

Keduanya juga mengaku akan menjual emas itu kepada pengusaha emas berinisial H di salah satu toko emas di kawasan Pasar, Kota Jambi.

Dengan sedikit penyamaran yang mendampingi kedua pelaku akhirnya petugas berhasil mengamankan H yang bertindak sebagai pengusaha emas ilegal.

“A dan Y adalah pengepul emas dari hasil PETI di Kabupaten Merangin. Dan H sebagai pembeli emas dan merupakan pengusaha emas di Jambi,” kata Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Kamis (27/10/2016) di lobi Mapolda Jambi.

Guna kepentingan penyelidikan, ketiga pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ditahan di sel Polda Jambi.

“Ketiga pelaku dikenakan Undang-undang mineralba tahun 2009, dengan ancaman kurungan selama 10 tahun dan denda Rp 10 Miliar,” kata Yazid. (fa)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY