KabarJambi.net – Puluhan anak muda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pencinta Alam Jambi (FKPAJ) akan  menggelar aksi bersih-bersih Gunung Kerinci dari sampah. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada 29 Desember 2016 mendatang. Mengangkat tema “Tuntaskan Sampah Gunung Kerinci”  mereka memberangkatkan peserta mulai tanggal 27 Desember 2016  dan akan kembali tiba di Jambi  1 Januari 2017.

Peserta Aksi Bersih Gunung Kerinci dilepas langsung secara resmi olehGubernur Jambi Zumi Zola saat FKPAJ menyambangi Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (27/12/2016).

Dalam arahannya, Zola menyampaikan arti penting kebersihan destinasi wisata, seperti Gunung Kerinci, untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke Jambi. “Provinsi Jambi dianugerahi keindahan alam yang tiada tara. Mulai dari kedalaman laut hingga puncak tertinggi Sumatera di Gunung Kerinci, semua sangat indah dan mempesona. Selain itu, Jambi juga memiliki banyak adat istiadat yang unik dan menarik, sehingga kian memincut para wisatawan berdatangan,” kata Zola.

Lebih lanjut, Zola menjelaskan potensi yang ada itu tentu patut disyukuri oleh masyarakat Jambi. Karena dengan memiliki banyak potensi tersebut, sektor pariwisata yang merupakan salah satu program unggulan dari Pemerintah Provinsi Jambi bisa berkembang pesat seperti saat ini.

“Caranya, tentu dengan menjaga supaya alam tetap lestari, sehingga keindahannya bisa terus terjaga, untuk diwariskan kepada anak cucu kita kelak. Contoh nyata adalah aksi kita kali ini, Aksi Bersih Gunung Kerinci yang digelar oleh kawan-kawan dari FKPAJ,” ungkap Zola.

Zola, berharap kegiatan Aksi Bersih Gunung Kerinci ini tak hanya dilakukan sekali saja, melainkan secara berkesinambungan, agar dapat menjaga kawasan obyek wisata Gunung Kerinci selalu bersih dari sampah.

“Terpenting, melalui kegiatan Aksi Bersih Gunung Kerinci ini bisa menjadi edukasi untuk masyarakat, termasuk para pendaki agar mereka ikut bertanggung jawab menjaga kelestarian Gunung Kerinci, dengan tidak membuang sampah sembarangan ketika mendaki,” harap Zola.

Sementara itu, Sekjen FKPAJ, Dirga Rangga Malindo dalam laporannya menyampaikan, pendakian Aksi Bersih Gunung Kerinci diikuti sebanyak kurang lebih 100 peserta, berasal dari berbagai lembaga/instansi dan komunitas.

“FKPAJ sendiri memberangkatkan perserta yang terdiri dari kawan-kawan Pencinta Alam dan pegiat alam dari Komunitas Pencinta Alam (KPA), Mahasiswa Pencinta Alam (MPA), dan Siswa Pencinta Alam (Sispala) se-Provinsi Jambi,” sebutnya.

Melalui Aksi Bersih Gunung Kerinci ini jelas Dirga, diharapkan para pendaki dapat membawa turun sampah, baik itu jenis plastik, kaleng, maupun botol-botol.

Sementara Rahmat Heru Saputra, pada kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa kegiatan Aksi Bersih Gunung Kerinci juga rutin akan dilaksanakan tiap tahunnya melalui program FKPAJ. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami ingin meningkatkan kesadaran Pencinta Alam yang ada diluar Provinsi Jambi agar juga bisa tergabung dalam aksi ini dan mempererat tali persaudaraan sesama Pencinta Alam,” jelas Rahmat Heru Saputra yang akrab disapa Koyu, Selasa (27/12/2016).

Menurut Koordinator Transportasi, Safitri Uzmul Fauzi yang akrab disapa Ipit yang juga perwakilan dari Mapala Shuta, kawan-kawan yang ada diluar Provinsi Jambi juga diharap dapat menumbuhkan jiwa pencinta alam dan ekosistem.

Lebih lanjut, Ipit juga mengatakan Pencinta Alam se-Provinsi Jambi bukan hanya melakukan aksi bersih di Gunung Kerinci, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat dan khusnya kawan-kawan lainnya akan penting menjaga alam dan menghargai alam.

Selain itu, Ipit juga berharap kepada Pencinta Alam dan Pegiat Alam untuk menjaga bumi ini lebih baik lagi ekosistemnya.

Terpisah, Koordinasi Lapangan, Firdaus dari Makopala Swat mengatakan kegiatan ini melibatkan Pencinta Alam dalam melaksanakan aksi bersih Gunung Kerinci. “Disana juga nanti, kami mengajak para Pendaki Gunung Kerinci ikut serta mengkampenyekan aksi bersih Gunung Kerinci,” kata Firdaus.

Dengan Aksi ini, Firdaus menambahkan, FKPAJ mendeklarasikan ulang atas terbentuknya kepengurusan baru. “Kita bangun lagi dan aktifkan lagi berbagai kegiatan untuk kedepannya,” tutupnya. (Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY