Ilustrasi

KabarJambi.net – Aliansi Mislim Bungo (AMB) bersikap terhadap krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar. AMB mengecam tindakan represif pemerintah Myanmar.

Berikut pernyataan sikap AMB yang disampaikan oleh kordinator AMB, Ronal Dison, S.IP, MH:

1. Aliansi Muslim Bungo (AMB) mengutuk tindakan umat Budha Myanmar dan tentara Myanmar yang melakukan tindakan persekusi dan pembantaian terhadap etnis Rohingya.

2. Tindakan umat Budha Myanmar terkhusus di bawah komando Ashin Wirathu dan tentara Myanmar yang ikut melakukan tindakan keji terhadap umat Islam Myanmar merupakan kejahatan luar biasa. Tidak hanya tekanan untuk menghentikan perlakuan keji namun AMB juga mendesak ASEAN dan PBB untuk memberikan sanksi kepada Myanmar.

3. AMB meminta Presiden Jokowi mengusir Dubes Myanmar dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar.

4. Meminta Presiden Jokowi mendesak dunia internasional untuk membawa pemenang nobel perdamaian, pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, pemimpin tertinggi militer Myanmar dan pemimpin umat Budha Ashin Wirathu ke pengadilan HAM internasional.

5. Mendesak pemerintah Myanmar membuka akses bantuan kemanusiaan untuk Rohingya.

6. Mendesak pemerintah Indonesia dan dunia agar Myanmar mengakui kewarganegaraan muslim Rohingya di Myanmar.

7. Menghimbau umat muslim di tanah air khususnya di Kabupaten Bungo untuk tidak termakan provokasi dan berita hoax. Bahwa kita di Bungo tetap menjaga persatuan dengan umat Budha di Bungo di bawah payung NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.(mm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here