KabarJambi.net – Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali akhirnya datang untuk memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua DPD RI terpilih Mohammad Saleh pada sidang paripurna luar biasa lanjutan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Pada pengucapan sumpah jabatan, Saleh berjanji akan memegang teguh Pancasila, menegakkan UU NRI 1945 dan aturan perundang-undangan.

Saleh juga berjanji akan menegakkan kehidupan demokrasi dan serta berbakti kepada bangsa dan negara, memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional serta kepentingan nasional bangsa dan negara.

Setelah prosesi pengucapan sumpah jabatan pimpinan DPD RI yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Farouk Muhammad mengucapkan selamat kepada Mohammad Saleh, diikuti sejumlah anggota DPD RI lainnnya.

Pimpinan sidang paripurna luar biasa yakni anggota DPD RI tertua Maimanah Umar (Riau) dan anggota DPD RI termuda Riri Damayanti baru dapat mengemban tugas dengan baik dan meningkatkan kinerja DPD ke depan.

“Pimpinan DPD terpilih dapat memimpin dan meningkatkan kinerja kelembagaan DPD dalam mengemban tugas konstitusional, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah,” Maimanah Umar.

Maimanah kemudian menyerahkan palu sidang kepada Mohammad Saleh.

Saleh kemudian duduk di kursi pimpinan dan memimpin sidang paripurna yang didampingi GKR Hemas dan Farouk Muhammad.

“Dinamika yang terjadi akan semakin meningkatkan kerjasama kita dalam memperkuat posisi kelembagaan DPD RI dalam memperjuangan kepentingan rakyat dan daerah,” kata Saleh.

Saleh menegaskan, akan mengajak seluruh anggota DPD RI untuk bersih dalam melaksanakan tugasnya dengan berusaha menjaga keharmonisan dan menghilangkan segala friksi yang ada.

Saleh terpilih sebagai ketua DPD RI pada forum sidang paripurna luar biasa DPD RI, yang dipimpin anggota DPD RI tertua Maimanah Umar Selasa (11/10) malam, sekitar pukul 20:20 WIB.

Saleh meraih suara terbanyak yakni 61 suara, mengungguli dua pimpinan DPD RI lainnya yakni GKR Hemas (31 suara) serta Farouk Muhammad (23 suara) dari 116 anggota DPD RI yang memberikan hak suara.

DPD RI semula menjadwalkan, pelantikan Ketua DPD RI terpilih di forum yang sama pada Selasa malam.

Namun, Ketua MA Hatta Ali ditunggu kehadirannya di DPD RI hingga pukul 22:00 WIB, tapi tidak hadir, sehingga pelantikannya ditunda hingga Rabu ini pukul 10:30 WIB. (***)

Sumber : Antara

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY