KabarJambi.net – Tahapan  tes  kesehatan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jilid II di Tiga Kabupaten 2017 mendatang segera diplenokan oleh masing- masing KPUD yang menyelenggarakan Pilkada.

Hasil tes kesehatan Cakada yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Provinsi Jambi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Pisokolog, (Himsy), dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) telah diserahkan KPUD masing- masing kabupaten.

Ketua KPU Muaro Jambi, Edison mengatakan, pihaknya memang telah menerima dan akan segera memplenokan hasil tes kesehatan tersebut untuk proses tahapan selanjutnya.

“Kalau menurut tahapan, pleno hasil Kesehatan 30 September hingga 1 Oktober nanti, namun kita akan pleno pada 30 September ini beserta pleno hasil verifikasi berkas pencalonan Cakada,” kata Edison saat dikonfirmasi via telpon,  Kamis (29/9/2016)

Selain itu, Edison, juga menjelaskan sesuai dengan PKPU Nomor 09 Tahun 2016 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan KPU Nomor 09 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pilgub, Pilbup dan Walikota Bagi Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada) yang tidak lulus tes kesehatan,  maka partai pengusung bisa menganti dengan nama calon yang lainnya.

“Tes kesehatan ini merupakan hal wajib yang harus diikuti oleh pasangan calon, jika tidak lulus, maka kepada partai pengusung untuk bisa mencari calon lain untuk menggantinya,” terang Edison.

Untuk masa pergantian ini dirinya mengatakan, yaitu dalam  masa perbaikan,

“Perbaikannya kita beri batas waktu Lima hari, 30 September sampai 4 Oktober Nanti,” terang Edison.

Selanjutnya untuk verifikasi harta kekayaan ke 4 pasangan Cakada di Muaro Jambi, dikatakan Edison akan dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) , KPU Muaro Jambi hanya menerima hasil verifikasi KPK, terkait Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) seluruh pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah 2017.

“Calon hanya menyerahkan ke kita tanda bukti sudah mengurus LHKPN tersebut, dan hasil harta kekayaan itu pasti akan dibeberkan,” jelas Edison.(Afm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY