KABARJAMBI.NET, Bangko – Sejumlah warga binaan maupun keluarga dari warga binaan Lapas kelas II B Bangko, turut membenarkan adanya dugaan praktek pungli di lingkungan satu-satunya Lembaga Pemasyarakatan di Kabupaten Merangin itu.

“Saya juga pernah dimintai uang sama adik saya yang lagi didalam (warga binaan), katanya untuk biaya pindah ke kamar bebas, awalnya adik saya itu tinggal di blok,” ungkap IH, warga Kota Bangko yang merupakan kakak kandung dari salah satu warga binaan LP kelas II B Bangko.

Tidak hanya itu, menurut IH, setiap bulan adiknya juga selalu minta uang sebesar Rp 100 ribu, yang menurutnya untuk bayar iuran di Lapas. Meski ia sendiri tidak tahu iuran untuk apa, namun ia selalu berupaya memenuhi permintaan sang adik.

“Tiap bulan ada iuran sebesar Rp 100 ribu, saya tidak tahu persis itu iuran untuk apa, adik saya bilang untuk bayar iuran,” tambahnya.

“Selama ini kami enggan membongkar, karena takut justru akan berimbas ke adik saya yang masih didalam,” imbuh IH.

Sementara itu, salah satu warga binaan Lapas Kelas II B Bangko, yang berhasil dibincangi saat jam besuk, juga membenarkan adanya informasi terkait dugaan praktek pungli itu.

“Sudah cukup lama itu, cuma kami tidak berani cerita keluar, takut malah menambah masalah kami disini. Ini sudah membudaya sejak lama,” ungkap warga binaan sembari meminta namanya tidak disebutkan.

Warga ini juga mengungkap fakta lain terkait praktek liar tersebut. Ia mengatakan bahwa dugaan pungli tersebut sudah cukup lama dilancarkan oknum petugas, tanpa sepengetahuan Kelapa Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas).

“Kasihan pak Kodir (Kalapas_red), beliau itu baik. Dan soal pungli ini beliau sama sekali tidak tahu, setahu kami itu semua ulah oknum KPLP. Tapi yang dapat malunya malah pak Kalapas,” tutur warga binaan ini lagi.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas 2B Bangko, Kodir, mengaku belum mandapatkan informasi terkait hal tersebut.

‘’Saya belum mendapat informasi adanya hal seperti itu. Baik pungli maupun hal lainnya yang bersifat negatif,” ujar Kodir.(may)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here